Artikel


Penghalang Rezeki
Ditulis pada Kam, 09/07/2017 - 09:25

Jika kita menyatakan siap menjadi pengusaha, itu berarti kita harus siap hidup bersih. Bersihkan diri dari dosa-dosa, karena dosa akan menjadi penghalang rezeki. Dosa bisa dikelompokkan dalam tiga bentuk. Pertama adalah dosa kepada Allah. Kedua adalah dosa kepada manusia. Ketiga adalah dosa kepada alam. Jika dosa yang menjadi faktor penghalang rezeki utama dibalut dengan kemalasan, kebodohan, keputus asaan, dan sifat-sifat the loser lainnya, maka sempurnalah Penghalang Rezeki yang dimiliki.

Dosa kepada Allah bisa dilihat dari ibadah wajib dan ibadah sunnah yang sering kita lalaikan. Jika kita ingin menjadi pengusaha, maka bersegeralah untuk membenahi ibadah wajib dan sunnah. “Paksakan” diri untuk melakukan dan menaatinnya. Tegakkan ibadah yang wajib, hidupkan sunnah, serta perbanyak istighfar, mintalah ampunan kepada Allah Yang Maha Pengampun.

Dosa kepada manusia terkait dengan hubungan interaksi kita dengan orang tua, keluarga, teman, dan masyarakat. Waspadai janji yang tidak tertunaikan, amanah yang terabaikan, serta silaturrahim yang menyakiti. Setiap janji dan amanah adalah hutang yang akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah SWT, maka hati-hati atas kelalaian yang kita perbuat. Tunaikan janji, laksanakan amanah, dan perbaiki hubungan silaturrahim.

Dosa kepada alam adalah saat kita menghancurkan alam demi membangun usaha kita. Jadilah pengusaha yang tidak merusak alam, maka alam pun akan berdzikir dan mendoakan kita. Maka, cek urusan kita dengan Allah, dengan manusia dan dengan alam. Jangan sampai kita menyakiti salah satunya, sehingga rezeki kita akan terhalang.

 

Oleh : Tim WHBS (Wisatahati Business School)

Sumber : whbs.or.id